First Ride CBR 250R

Honda baru saja mengeluarkan CBR250R di Thailand. Motor ini dilepas dalam 2 tipe yakni tipe standar Harga Honda CBR 250R 100 ribu baht (30 juta) dan tipe full spec yang dilengkapi fitur ABS berharga 120 ribu baht (Rp 35 jutaan). Tapi bagaimanakah dengan performanya?

Beruntung detikOto bisa melakukan first ride motor sport teranyar yang juga direncanakan masuk ke Indonesia di Sirkuit Bira, Pattaya, Thailand.

Tidak mau menunggu lama, mari kita sepak motor ini. Tapi sebelum itu, longok dulu disainnya. Dari luar, tampilan motor ini tampak menarik dengan disain lampu tajam dengan garis lekukan halus yang mengalir hingga ke buritan.

Selesai memandang, detikOto pun segera menaiki motor ini. Rasa pertama yang mencuat adalah ergonomi yang mumpuni.

Jarak dari jok ke tanah dirasa pas, tidak tinggi, tidak juga rendah. Ini keuntungan yang didapat karena tanah kelahiran CBR ada di Thailand yang notabene masyarakatnyamemiliki postur tubuh yang mirip dengan Indonesia.

Mesin pun dinyalakan. Dapur pacu CS250RE, liquid cooled, 4 tak DOHC pun menderu. Dengan 1 silinder yang diaplikasi motor ini suara CBR 250R lebih lembut dan tidak ngebas seperti halnya motor 2 silinder.

Perseneling diinjak dan selongsong gas dipelintir, motor pun langsung melaju. Keluar dari pit stop, tikungan pun langsung menghadang, disini handling dan stabilitas CBR 250R berbicara, tubuh CBR 250R yang memiliki dimensi dimensi 2,035x0,720x1,125 meter (PxLxT) terasa nurut diajak meliuk.

Selepas itu, dua tikungan berbentuk 'S' menanti. Disini stabilitas CBR 250R yang mengusung transmisi enam percepatan kembali berbicara meski RPM dan kecepatan tetap
ditahan.

Fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Combi Brake System (CBS) yang tertanam di sistem pengereman pun membuat kenyaman dan keamanan makin meningkat meski motor
direm lumayan mendadak.

Setelah itu, jalur lurus tersaji, disain tubuh yang aerodinamis memberi kesempatan untuk memacu CBR 250R lebih kencang. Hanya saja, RPM CBR 250R dikunci Honda diangka 10.500. Padahal motor ini sebenarnya bisa dipacu lebih tinggi dari itu.

Tapi tetap saja, angka 140 km perjam tetap mampu dicapai dengan boreXstroke 76x55 dan rasio kompresi 10,7 yang dimiliki motor ini. Bahkan ada beberapa jurnalis yang mampu melebihi angka itu.

Akhirnya dengan segala fitur dan keunggulan yang dimiliki serta aplikasi sistem pengabutan injeksi khas Honda, programmed fuel injection system (PGM-FI) yang membuatnya ramah lingkungan dengan standar emisi Euro3, Honda CBR 250R pun pantas menjadi salah satu motor paling ditunggu di tahun 2011 nanti.

Penasaraan dengan motor sport milik Honda satu ini. Tunggu kehadirannya di Indonesia.

Menyulap Kamar Villa Menjadi Studio Musik

Kamar villa yang mirip kamar hotel berubah menjadi 180 derajat untuk keperluan workshop J-Rocks. Butuh usaha yang tidak mudah untuk membuat ruangan workshop yang pas. Itupun dilakukan tengah malam.

Persis tengah malam (4/10) rombongan J-Rocks masuk Villa di daerah Sentul Bogor. Villa dua lantai itu cukup besar. Raungan bawah ada yang dipakai sebagai lapangan futsal. Bukit dapat dilihat di depan dan belakang villa.

Semua orang turun dari mobil dan berpencar untuk mencari tempat yang pas untuk menempatkan alat-alat musik. Semua kamar dan ruangan diperiksa. “Gak ada orang yang protes kalau kita berisik di sini kan?” Kata Sony.

Akhirnya keempat personel J-Rocks sepakat untuk menggunakan sebuah kamar yang ada di pojok villa. Letaknya di lantai dua. Ruangan yang tadinya rapi dan lengkap seperti kamar hotel itupun dirombak total. Tempat tidur dikeluarkan. Kursi dan meja yang tidak dipakai juga ikut dibersihkan. Ruangan ukuran 4 X 4 meter itu terlihat lapang.

Itu tidak berlangsung lama. Ruangan kembali penuh dengan hardcase dan barang-barang lain yang dibawa dari Jakarta. Ada delapan gitar, dua buah bass, satu set drum elektrik, amplifier buat gitar dan bass, keyboard controller, biola dan banyak lagi. Dua personal computer yang dibawa oleh Sony dan Andrie , additional keyboardist J-Rocks ikut menyesaki ruangan itu. Andrie bertugas sebagai operator rekaman.

Iman, Sony, Wima dan Anton serta dibantu Andrie, Abek, kru J-Rocks dan penjaga vila mengangkat barang-barang itu sendiri. Satu-persatu dikeluarkan dari mobil dan diangkat ke lantai dua.

Proses setting alatpun dimulai. Pertama menentukan posisi yang pas untuk tiap alat. Sony meminta drumnya elektriknya menghadap ke luar ruangan. "Bosen lihat mereka terus," candanya. Pertama dipasang adalah komputer untuk sebagai alat kontrol suara. Semua orang bekerja. Seperti Anton, ia memasang drumnya sendiri.

Pukul 02.20 setting ruangan selesai. Ruangan berubah total. Lebih mirip sebuah studio musik. Semua instrumen telah dikeluarkan dari hardcase-nya. Hardcase yang tidak digunakan lagi, dipindah ke ruangan lain. Tiap personel mempunyai tempat sendiri-sendiri. Wima memilih dekat jendela berseberangan dengan Anton. Sony memilih di dekat komputer. Iman lesehan di karpet. Sesekali ia memainkan gitar sambil berdiri.

Waktu jam-session dimulai. Belum ada vokal. Hanya instrument yang dimainkan. Beberapa kali berhenti sesaat untuk diskusi. Wima dan Anton terlibat berapa percakapan untuk menentukan beat lagu. Begitu juga Iman dan Sony. Suasana mulai menghangat. Menjelang subuh, sekitar pukul empat pagi. Latihan harus diakhiri tiba-tiba karena aliran listrik putus.(dra)

Bersambung.

Mobil Pilihan Keluarga Ideal Terbaik
Mobil Toyota adalah mobil yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat saat ini, tak heran bila toyota selalu mengeluarkan produk barunya dengan berbagai tipe yang menarik bagi pecinta mobil. Saat ini Toyota astra Indonesia Sedang mengadakan Kontes Seo Award 2010, dengan keyword Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia.

Salasatu Presenter indonesia berbagi tips dengan denga kita, mungkin ini sangat bermanfaat untuk kita dalam mengurus mobil supaya tak kena mogok bila sedang diperjalanan atau dimanapun.

Bertatap muka dengan Meita Lydiawati sangatlah mengasyikkan. Presenter Indonesia Community MNC TV Cable sekaligus vokalis band Quina mengakui kalau mobil adalah rumah kedua baginya.

Tidak mengherankan jika mobil Toyota Starlet kapsulnya dipenuhi properti penunjang kegiatan profesinya sebagai penyanyi. “Mengingat kesibukanku cukup padat, di dalam mobilku selalu membawa peralatan make up, pakaian yang sudah disetrika rapi aku gantung di bagian pintu mobil, peralatan sholat, laptop, termos air, sepatu, bantal. Wah, udah kayak rumah deh,” ujarnya ketika ditemui saat launching singel Cuma Kamu di MU CafĂ© Sarinah, Thamrin beberapa hari lalu.

Kesibukannya yang cukup padat, membuat lajang bertubuh mungil ini amat memperhatikan perawatan mobilnya. Hal pertama yang dilakukan saat hendak bepergian adalah rajin memeriksa air radiator kendaraannya. Selanjutnya, Meita tidak pernah lupa memanaskan kendaraannya lebih dahulu saat hendak menggunakannya.

“Aku panasin dulu mobil sedikitnya 10 menit. Dan gasnya dibiarkan normal. Karena kalau gasnya digeber, aku takut mesin mobilku cepet rusak.”

Untuk perawatan mesin mobil, Meita selalu mengganti oli mesinnya tepat waktu. “Aku selalu melihat kilometer mobilku dan selalu rajin ganti oli. Makanya, mobilku suaranya tetap halus,” papar mantan host DJ Kamu di Radio Prambors ini.

Kini Meita tengah merencanakan memodifikasi Toyota Starlet kapsulnya. Biaya yang dianggarkan sebesar Rp 30 juta. “Aku kepengin mendesain ulang interior mobilku, misalnya untuk menaruh speaker musik, mengganti velg mobil dengan yang lebih tampil sporty.”

Meita juga cukup jeli membeli mobil baru. Kiat pertama yang dilakukan adalah memperhatikan cat kendaraan, fisik, suku cadang mobil yang mudah didapat, dan tentunya mobil itu mudah dijual.

Tak mengherankan dia pun fanatik dengan merek Toyota. “Makanya aku beli mobil Jepang. Kalau pun dijual gampang dan nggak rugi banget,” sergah Meita yang juga memiliki Kijang kapsul.

Dalam berkendaraan, Meita tidak pernah lupa mengenakan sabuk pengaman. Selain itu, dirinya tidak pernah memacu kendaraan dengan kecepatan 100 km per-jam. “Aku takut kalau tiba-tiba ban mobilku pecah atau ada mobil yang mendadak berhenti, aku nggak bisa menguasai mobil. Wah, kalau sampai kejadian, aku ngeri banget,” tutupnya.

"Gerah Dibajak, J-Rocks merencanakan Rilis Album Digital"

Group Band J-Rocks berniat merealisasikan album digital, yang akan diperjualbelikan di situs resmi dengan pembayaran via mobile banking atau via transfer bank.

"Kalau mengandalkan penjualan secara fisik, rasanya sudah semakin sulit, karena pembajakan CD di Indonesia sudah mengusai hampir 70% penjualan penyanyi aslinya," urai vokalis J-Rocks, Iman Taufik, di Hotel Hyatt Regency.

Iman menyebutkan, dengan sisa pasar yang hanya 30% ini, pihak label musik sangat sulit meraup keuntungan. Terlebih menurutnya, era digital kian memudahkan pecinta musik untuk mengunduh dari berbagai piranti dengan teknologi canggih.

"Kami sebagai musisi harus menyadari juga, bahwa kemajuan teknologi harus diikuti dinamisasinya, dan kita tak bisa lagi mengandalkan penjualan dalam bentuk fisik," ungkapnya.

Hal senada diungkapkan juga oleh sang drummer, Anton yang merasa gerah dengan tingginya angka pembajakan hasil karya musik di Indonesia.

"Kami tertarik mengadopsi gaya group band Radiohead yang menjual albumnya lewat situs, dan fansnya memberikan kontribusi uang yang tidak dibatasi nominalnya," terang Anton saat dijumpai.

Sebagai group band genre anak muda, Anton mengaku tak bisa lagi menjual CD dan kaset dengan angka yang fantastis, kendati pecinta J-Rocks relatif banyak masanya.

"Maraknya pembajakan membuat para musisi sulit lagi meraih penjualan signifikan, bahkan band papan atas pun kini sudah tak sanggup lagi mencetak berjuta juta copy, paling tinggi di 400 ribu juga sudah luar biasa," imbuh Anton.

Group Band J-Rocks merupakan kumpulan anak muda yang merambah industri musik, lewat genre musik Traditional Japan sebagai ruh pertamanya,dan hingga album keempatnya, musik mereka berkembang dengan sentuhan warna baru.. (dra)

Ian Antono : 'God Bless' Sekarang Butuh Uang

JAKARTA - God Bless akan merubah cara bermusiknya agar bisa diterima masyarakat luas, tentunya strategi ini diharapkan akan meraup pendapatan yang lebih dari sebelumnya.

Setelah meluncurkan album NATO (2009), sepertinya reaksi pasar tak begitu hingar bingar merespon karya band legend ini, hingga harus merubah strategi bermusiknya untuk mencuri perhatian masyarakat.

“Pasti ada perombakan baru, dan pasti akan beda. Kita tetap tidak mengikuti selera pasar, karena merubah karakter itu susah,” tutur Ian Antono yang ditemui di Hotel Akmani, Jakarta Pusat, Senin (4/10/2010).

Lanjut Ian, dirinya bersama God Bless akan meninggalkan cara tradisional dalam meramu lagu-lagunya dan beralih ke cara yang sarat teknologi.

“Kita tetap buat album, lagunya dibuat pakai teknologi, sebelumnya God bless masih analog. Dulu masih tidak butuh uang tapi sekarang iya,” katanya.

Album God Bless terbaru akan dirilis tahun depan, rencananya akan ada 4 lagu baru. Lagu-lagu yang akan dijadikan jagoan di album baru nanti, God Bless masih memegang tema-tema sosial sebagai ciri grup band rock sejati.

“Kita masih angkat tema sosial, lingkungan sosial dan cinta keluarga, itu ada, tapi cinta dua orang tidak ada,hahaha…” kelakarnya.

Jakarta Terancam Tenggelam 2012

JAKARTA - Jakarta akan tenggelam pada 2012? Ungkapan ini bukanlah isu murahan. Hal tersebut, dinilai bisa terjadi jika pemerintah setempat tidak memperdulikan kondisi lingkungan dalam menjalankan pembangunan.

Berdasarkan keterangan sejumlah pakar lingkungan, kondisi tanah Jakarta saat ini memang
mengalami persoalan. Setiap tahunnya, settlement amblesan terjadi di wilayah Jakarta hingga 10 sentimeter. Proses itu terjadi secara pelan-pelan tapi pasti.

“Jika penggunaan air tanah secara berlebihan tidak bisa dikontrol oleh pemerintah. Saya tidak bisa bayangkan, mungkin rumor mengenai Jakarta tenggelam bisa saja terjadi pada 2012,” ujar Pendiri Indonesia Water Institut (IWI) Firdaus Ali, belum lama ini.
Hal senada diutarakan pakar geotenik dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Masyhur Irsyam. Menurut dia, kondisi tanah di Jakarta terus mengalami penurunan. Hal ini dikatakannya usai menganalisa peristiwa jalan ambles di Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara.

Dengan terjadinya konsolidasi tanah lunak akan turun lima sampai 10 sentimeter per tahun akan memadat dan kekuatan tanahnya makin lama akan semakin meningkat. Kejadian ini dalam istilah geoteknik disebut “Drained Condition”. Jadi kalau tidak ada perubahan lingkungan, semakin lama timbunan badan jalan akan semakin stabil.

“Tapi kenyataannya terjadi kelongsoran, sehingga penyebabnya adalah perubahan lingkungan yang kemungkinan dapat diakibatkan oleh beberapa hal seperti beban lalu lintas yang besar, pasang surut air laut yang tinggi dan surut mendadak, serta perubahan geometri lereng jalan,” ujar Masyhur.

Tak hanya itu, kejadian longsor tersebut juga diprediksi akan merambah ke sejumlah kawasan lainnya di Ibu Kota. Karena itu, pemerintah diimbau untuk mewaspadai agar peristiwa serupa tidak terulang.(dra)